AHLAN WA SAHLAN

Puisi adalah jiwa. Luapan perasaan. Dalam puisi ada cinta, nostalgia, ideologi, dan rasa syukur.


Tulislah apa yang ada di pikiranmu. Luapkan dalam coretan-coretan indahmu. Dan sepuluh tahun lagi mungkin kau akan tertawa atau bahkan mungkin coretan itu akan menjadi sebuah memori yang mahal. menjadi sebuah cerita tersendiri yang bisa dikenang. Yups, selagi kita masih bisa menulis, kenapa kita tidak meluapkannya dalam coretan-coretan? Meskipun coretan itu hanya bisa kita nikmati sendiri (hehe... menghibur diri ni?)

Pernah frustasi gara-gara karyamu gak pernah diterima? Nasiiib... nasiiib. Kalo iya, berarti kamu senasib dong ma aku. Asiiik ada temen senasib nih! Ceritanya aku lagi frustasi nih lianna (kan biasanya pake coz, sekarang ganti lianna ja biar lebih..... apa ya? lebih bernuansa kearaban gitu deh! Biar ga English mulu!) puisiku ga diterima di majalah yang pernah kukirim, akhirnya bikin blog sendiri ja deeeh. Yaah, nikmati sendirilah.

Sabtu, 01 Agustus 2009

Emmmm Cerita Anak Desa

Anak-anak desa itu penuh semangat. Ceria. Terus bergerak nikmat. Seakan tak pernah lelah. Anak-anak geng Timur alias geng Pak Boran. Entah darimana ceritanya bisa muncul julukan itu. Konon, di sekitar situ ada seseorang yang bernama Pak Boran. Siapa dia? aku pun juga tidak tahu.

Geng Pak Boran dikenal sebagai anak-anak penurut. Berbeda dengan geng Pak Jinten. Geng Pak jinten anak-anaknya nakal-nakal. Bandel. Urakan. Suka kabur waktu pelajaran Matematika sama Fisika. Bolos sekolah gara-gara ngedos. Suka membuat para Guru naik darah. Biang ribut di kelas. Kalau ada buah kelapa atau mangga yang tiba-tiba menghilang esok pagi, pasti pelakunya adalah geng pak Jinten. Wkwkwkkkkk. Sory fren..... hmmmmmm. Geng pak Jinten paling males kalau disuruh belajar. Pinternya nyontek doang. Tapiii.... kalau lagi main voli atau sepak bola, huuuuuuu jagonya tuh! Penguasa lapangan. geng pak Boran ataupun Pak Jinten, yang jelas keduanya sama-sama anak desa.

Aku sendiri masuk dalam geng anak-anak pak Boran. Mungkin karena rumahku sendiri berada di kawasan Pak Boran. Pojok desa dekat sawah. Anak petani asli. Asli desa bangeeeet....... Tapiii bangga kok jadi anak desa. Hidup dalam lingkungan yang.... lumayan agamis lah. Meskipun anak petani, ketika adzan subuh menggema Ibuku pasti membangunkanku. Kalau ibu yang membangunkan biasanya...... bentar aaah.... masih ngantuk! Tapi itu tidak bertahan lama. Karena kalau tidak segera keluar........ Bapak sudah siap dengan sebatang sapu lidi di tangan. Wkwkwkwkwkkkkkkkk......... takuuttttt.......... Tapiii Alhamdulillah, pendidikan keluarga yang menyenangkan. Disiplin!

Termasuk disiplin dalam sholat. Sholat jamaah bersama keluarga; Bapak, Ibu, Kakak, Hmmmm...... so sweaaat....... Meskipun sedang nyingkuk-nyingkuknya belajar atau pun mengerjakan PR bersama temen-temen -belajar kelompok di rumah ceritanya- , tapi kalau adzan Isya terdengar..... break dulu! Stop belajarnya! sholat Isya dulu. Belajarnya lanjut habis sholat. Temen-temen so pasti bawa mukenah sendiri-sendiri. Temen-temen geng Pak Boran. Cewek doang tapiii Yang laki-laki yaaa belajarnya di rumah yang laki-laki juga lah. Di rumahnya Fiqi Zuliawan, anak geng pak Boran juga. (Sori fren, nyebutin nama u tanpa izin).

Anggota geng Pak Boran yang cewek sendiri ada aku, si kembar Ahda yang biasa dipanggil Ida, dan Maria yang biasa dipanggil Iya. Si kembar yang ga pernah absen kalau ada lomba nari 17 Agustusan. Dan selalu jadi juara. Ada Azifatul Afiyah or Fiya, Terus Nikmatul Hasanah yang biasa dipanggil Enik. Miss u fren................. kabarnya gimana ya sekarang?

Enaknyaaaa menjadi anak desa. Bisa main-main nyebur sungai alias kali penuh lumpur sambil cari ikan kecil-kecil. Atau menyusuri pematang sawah. Menikmati angin sambil duduk-duduk di gubuk. Eh, gubuk susun tempat favorit dulu masih ada ga ya? Atau main Obak Sodor alias Gobak Sodor rame-rame. Jadi inget dulu main obak sodor rame-rame waktu bulan puasa. Selesai main......... haus......... minum dah rame-rame. Glek glek glek............... segarnya................ ga haus lagi! Heheeee ssssssssssttttttt jangan ngomong2 ya! Atauuu main merdekaan alias lompat tali pakai karet yang disambung-sambung. Mainnya di jalan "wetan oma" dekat sawah. Teduh sih. banyak bambu. Tapiii sekarang udah ditebangi. kalau ada sepeda yang lewat......."sek sek sek..... ono sepeda!" break dulu bentar. Atauu.... main sepak bola rame-rame. Wkwkwkwkkkk...... cewek kok main sepak bola. Atauuu....main badminton sore hari. Main badmintonnya gantian, soalnya raketnya cuma ada 2. Antri-antri....... Terus............. berenang. Wkwkwkwkkkkkkk aku paling parah kalau masalah berenang. Bisanya cuma gaya batu. Ga berani ke tengah deh. Pernah nyoba sekali ke tengah. Walhasil, aku mau tenggelam. Arusnya di bawah deras banget. jadi aku ga mampu berdiri. Padahal kalau aku berdiri airnya paling cuma seleher. Kucari-cari pegangan. ga nyampe-nyampe. Kupikir..... tamatlah riwayatku. Tapiiii......hmmmm....... temanku mendekat. Alhamdulillah, Allah masih menyelamatkanku. Dapat pegangan. Ga jadi tenggelam. Habis itu kapok. Ga berani lagi ke tengah. Mo tau berenang dimana? Yang jelas bukan di kolam renang. Juga bukan di sungai karena di desaku ga ada sungai. Adanya sumur. Masa mau berenang di sumur? Ya udah deh, berenangnya di waduk. Wkwkwkwkkkk aliran waduk gitu dah. Ga kebayang........ limbah apa aja yang mengalir ke situ.......

Teruuussss main catur. Biasanya main catur sama si Didik Hermawan. Anak geng Pak Boran juga. tetangga sebelah. kalau pulang sekolah terus ga ada kerjaan di rumah..... biasanya main catur. Capek main catur yaaaa manjat pohon jambu air. Petik, terus makan deh di atas pohon. Dah kayak monyet aja. Atauuu... naik genting rumah. Bersihin daun-daun kering yang mampir di atas talang. So sweaaat.......

Back to myself

Namanya anak desa, tugas rutinitas rumah tiap pagi yaaa ngeluarin ayam dari kandang plus kasih makanlah. Teruss... nyapu deh! Sorenya masukin lagi, nyapu lagi, kalau udah pulang habis ngaji. Tugas mingguan? Biasaaaa..... ngambil kulit padi alias dedak dari seleb -or tempat penggilingan padi biar kulitnya lepas- buat masak Ibu. Bantulah apa yang bisa dibantu. paling dua sampe empat karunglah. Pernah waktu itu lagi bonceng dedak pake sepeda. Satu karung doang. Eeee..... dedaknya jatuh di jalan. Ga bisa naikin ke sepeda lagi coz ga ada sandaran buat sepeda. Wal akhir...... pulang-pulang lapor dedaknya jatuh di jalan, ga bisa naikin lagi. Hehehhhhheeeee

Emmmm sekarang ceritanya aku udah duduk di bangku MTs nih. Dah gede gitu lho! Tiba-tiba aku dipanggil nih sama Bapak ke ruang tamu. Kenapa ya? Disuruh duduk. Terus disuruh melihat ke jalan luar lewat jendela. Kenapa? Ga ada apa-apa tuh? Adanya juga ibu-ibu sama mbak-mbak lagi ngobrol duduk-duduk. "Lihat itu yang ga pakai kerudung. Rambutnya kelihatan. Bajunga juga pendek. yang seperti itu ga boleh. kalau sudah keluar rumah, perempuan itu harus menutup rambutnya........" Kata Bapak (pake bahasa jawa tapiii). Ya elaaaa..... ternyata Bapak mau ngasih tau ntu to....... Lakinna laa ansaa bihii abadan. Insya Allah. Ets, pernah juga waktu sore-sore waktu lagi duduk-duduk di luar rumah, terus ngelihat langit yang berwarna kuning keemasan gitu deh.

Kutanya "Kok langitnya warnanya kuning gitu kenapa sih?" .
"Itu sorot api neraka. Karena saking panasnya" Kata Bapak.
"Kok sampe sini?"
"Iyaaa............"
"oooo........"
"Makanya......................"
Namanya anak keciiiil........ percaya deeeeehh.

Sekarang..... anak-anak desa itu..... berpencar. Meniti jalannya masing-masing. Untuk sebuah kehidupan. Untuk sebuah perubahan yang lebih baik. Semoga kelak bertemu lagi. Miss U All............. Ahiiiiiiin.........




Tidak ada komentar:

Posting Komentar