AHLAN WA SAHLAN

Puisi adalah jiwa. Luapan perasaan. Dalam puisi ada cinta, nostalgia, ideologi, dan rasa syukur.


Tulislah apa yang ada di pikiranmu. Luapkan dalam coretan-coretan indahmu. Dan sepuluh tahun lagi mungkin kau akan tertawa atau bahkan mungkin coretan itu akan menjadi sebuah memori yang mahal. menjadi sebuah cerita tersendiri yang bisa dikenang. Yups, selagi kita masih bisa menulis, kenapa kita tidak meluapkannya dalam coretan-coretan? Meskipun coretan itu hanya bisa kita nikmati sendiri (hehe... menghibur diri ni?)

Pernah frustasi gara-gara karyamu gak pernah diterima? Nasiiib... nasiiib. Kalo iya, berarti kamu senasib dong ma aku. Asiiik ada temen senasib nih! Ceritanya aku lagi frustasi nih lianna (kan biasanya pake coz, sekarang ganti lianna ja biar lebih..... apa ya? lebih bernuansa kearaban gitu deh! Biar ga English mulu!) puisiku ga diterima di majalah yang pernah kukirim, akhirnya bikin blog sendiri ja deeeh. Yaah, nikmati sendirilah.

Selasa, 02 November 2010

Aku Kebablasan

Kapok dah diajak ngobrol orang di bus. Huff! Yups, ceritanya waktu itu aku dalam perjalanan pulang ke rumah. Liburan gitu lho... Ngawi-Lamongan. Tepatnya di pelosok ndeso Lamongan. kalo gak salah waktu itu untuk kedua kalinya aku naek bus sendiri. "pokoknya gak boleh tidur di bus!", ucapku dalam hati. Soalnya pernah aku tertidur di bus waktu berangkat ke Ngawi sendirian. Untung aja gak kebablasan. Sampe di terminal aku kebingunagan gak tau arah. "Waduh, ni bus udah masuk peron belom ya?", tanyaku dalam hati. So, aku ngeloyor aja jalan gak tau arah mana timur n barat. Ujung-ujungnya ada bapak tukang ojek nanya "Mau kemana Mbak?",

"Ngawi Pak.", jawabku oplos.

"Ngawi ya ke arah sana!", si bapak menunjuk ke arah belakangku. kikikikiiii... maluuu...!!! pengen cepet-cepet kabur aja deh.

Ternyata bus yang kutumpangi tadi udah masuk peron. Eh, aku malah keluar peron. Balik kanan lagi dah aku. Asli malu banget. Makanya, besok lagi tidur aja di bus, biar bingung lagi. Untung aja barang-barangnya gak hilang.

Ets, kembali ke ceritaku yang pertama. Aku menaiki Bus jurusan Surabaya. Masih banyak kursi kosong di bus. Aku duduk di kursi nomor dua di belakang supir. Perjalanan nyaman-nyaman aja. Eh, sampe di pasar Babat, Lamongan (biasalah... bus berhenti cari penumpang) seorang bapak-bapak berjaket hitam duduk di sampingku. "Waduh, ada yang gak beres nih!", batinku. Aku menengok ke belakang. Beneran. Kursi-kursi di belakangku banyak yang masih pada kosong. Kok bapak ini malah duduk di sampingku sih. Dalam hati aku membaca do'a-do'a memohon perlindungan kepada Allah. Tapi, waktu itu aku bodoh banget. Kok aku gak pindah tempat duduk aja ya?! Entahlah. Sebenernya waktu itu sempat terpikir juga sih untuk pindah tempat duduk.

Si bapak bertanya-tanya dan terus bertanya. Asli gak mutu banget pertanyaannya. Tapi... kok aku selalu menjawab pertanyaannya ya?

Berulang kali aku menengok ke jendela untuk mengetahui sudah sampai dimana aku. Hingga kondektur bus menanyaiku "Turun dimana Mbak?"

"Pertigaan Semlaran Pak.", jawabku polos.

"Ya sudah lewat dari tadi!", jawab pak kondektur. Gubrak deh!

Aku segera berdiri menuju pintu depan bus. "trus kalo mau balik ke Semlaran naek apa dong Pak?", tanyaku super polos.

"Naek angkot bisa.", jawab sang kondektur.

Aduh, Luluk... Luluk. Kok bisaa kayak gitu. Malu-maluin. Huff... Gak hati-hati sih. Gara-gara diajak ngobrol terus sampe gak teliti dah nyampe mana. Apa jangan-jangan kena hipnotis?! Asli waktu itu aku bener-bener marah banget. Marah dalam hati. Malu juga. Sampe-sampe aku berdo'a jelek buat bapak yang duduk di sampingku tadi "Ya Allah, jika memang bapak yang duduk di sampingku tadi orag jahat, berikanlah balasan yang setimpal padanya." etc....

Turun dari bus aku lalu menyeberang jalan. Kutunggu angkot lewat sambil terus jalan. Kok gak lewat-lewat ya? Mana uangku tinggal dua ribu lagi. Cukup gak ya buat bayar angkot? Habis naik angkot kan harus naik ojek lagi sampe rumah. Hehe... maklum, gak ada yang jemput. Dah kayak anak ilang aja nih. jalan kaki menyusuri pinggiran jalan raya sambil bawa ransel. Cewek lagi!. ets, pake jilbab lagi.

Hampir 15 menit lebih aku jalan kaki diterpa terik matahari,. Bayangin aja. jam dua siang brow... Ada angkot lewat. Yaah... telat... aku gak liat tadi.

Kulihat seorang bapak-bapak lagi ngambil rumput di pinggir jalan. "Pak, maaf mau nanya, pertigaan Semlaran dari sini masih jauh gak Pak?", tanyaku kepadanya.

"Ke Barat terus Neng.", jawabnya.

"Jalan kaki bisa gak ya Pak?", tanyaku.

"O... bisa.", jawabnya lumayan membuatku tenang sedikit.

Aku terus jalan tanpa berniat lagi menghentikan angkutan yang lewat. Tapi... kok jauh banget ya? Dari jauh aku melihat papan merah bertuliskan HONDA. "Wah, bentar lagi nih.", batinku senang. Huuff... akhirnya sampai juga aku.

Aku pun menyeberangi jalan raya terus naik ojek. Hmmm capek banget. pengen nagis deh. Tapi... kan di tempat umum. Malulah.

Nyampe rumah, minta uang buat bayar tukang ojek, terus.... Whaaaaa........!!! eh, bukan gitu deng, Heeeeeee.......... aku nagis juga deh akhirnya. Yups, air mataku yang tertahan sejak tadi keluar juga. Aku terus nangis sambil curhat ke ibu n bapak. Dan ibuku terus mencoba menenangkanku. Love You Mom.....

Sampe waktu mau jamaah maghrib di rumah pun aku gak jadi qomat.

"Qomat!", perintah bapak kepadaku. Aku dan ibuku memakmum di belakang bapak.

"الله أكبر الله أكبر أشهد أن لا إله إلا الله " waduh, aku nangis lagi. Inget perjalananku tadi siang. Akhirnya ibuku yang qomat.

Hmm.... kesimpulannya, Buat kamu-kamu yang sering melakukan perjalanan naik bus, awas! hati-hati! waspada! banyak penjahat di bus!.

Trus buat kamu para pencuri, penipu dan penjahat yang suka beroperasi di bus-bus or di terminal-terminal... asli barang atau uang hasil curian n penipuanmu gak akan memberikan berkah. malah akan jadi darah haram yang mengalir dalam tubuhmu. Tega nian... kamu ngasih anak istrimu barang haram. Kasihan atuh.....!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar