AHLAN WA SAHLAN

Puisi adalah jiwa. Luapan perasaan. Dalam puisi ada cinta, nostalgia, ideologi, dan rasa syukur.


Tulislah apa yang ada di pikiranmu. Luapkan dalam coretan-coretan indahmu. Dan sepuluh tahun lagi mungkin kau akan tertawa atau bahkan mungkin coretan itu akan menjadi sebuah memori yang mahal. menjadi sebuah cerita tersendiri yang bisa dikenang. Yups, selagi kita masih bisa menulis, kenapa kita tidak meluapkannya dalam coretan-coretan? Meskipun coretan itu hanya bisa kita nikmati sendiri (hehe... menghibur diri ni?)

Pernah frustasi gara-gara karyamu gak pernah diterima? Nasiiib... nasiiib. Kalo iya, berarti kamu senasib dong ma aku. Asiiik ada temen senasib nih! Ceritanya aku lagi frustasi nih lianna (kan biasanya pake coz, sekarang ganti lianna ja biar lebih..... apa ya? lebih bernuansa kearaban gitu deh! Biar ga English mulu!) puisiku ga diterima di majalah yang pernah kukirim, akhirnya bikin blog sendiri ja deeeh. Yaah, nikmati sendirilah.

Jumat, 14 Mei 2010

Matematika

Yups, kemaren barusan baca buku Matematika. Mereview kembali ingatan tentang pelajaran Matematika yang dulu pernah kupelajari. Matematika dulu sempat menjadi pelajaran favoritku. Ga' terasa, sudah lama juga ya ga bergelut dengan soal matematik.

Dalam aljabar Matematika, penjumlahan atau pengurangan dua bilangan atau lebih yang memiliki variabel yang berbeda tidak bisa dijumlahkan. Misalnya 2x + 3y hasilnya akan tetap 2x + 3y. Begitu juga dengan 3y - 2 x hasilnya sama dengan 3y -2x.

Namun tahukah anda, ternyata pernyataan tersebut tidak berlaku untuk beberapa variabel. Yups, ternyata ada beberapa koefisian dengan variabel yang meskipun berbeda, tapi tetap bisa dijumlahkan maupun dikurangkan. Masa sih? ga' percaya? Ini salah satu contohnya:

3 kali anda wudhu dikurangi satu kali anda buang angin hasilnya sama dengan nol.
Persamaan ini bisa ditulis dalam Matematika sebagai berikut:

3 wudhu - 1 buang angin = 0

Itu mengenai Aljabar.

Ada hal lain nih.
Selama ini dalam Matematika, berdasarkan akal manusia telah ditetapkan suatu perkalian dan pembagian sebagai berikut:

2 x 3 = 6
2 x 2 = 4
2 x 1= 2

2 : 2 = 1
2 : 1 = 2
2 : 0 = tak terdefinisi
2 : (-1) = -2
2 : (-2) = -1

0 : 2 = 0

Yups, bilangan apapun jika dibagi dengan angka 1, hasilnya sama dengan bilangan itu sendiri. Dan suatu bilangan jika dibagi dengan 0, maka hasilnnya tak terdefinisikan, karena 0 dikalikan bilangan apapun itu hasilnya adalah 0.

Saat ini Ilmu Matematika, berdasarkan akal manusia menyatakan pernyataan seperti yang tertulis di atas. Itu saat ini. Mungkin ga' ya suatu saat nanti akan ada suatu bilangan yang merupakan hasil dari pembagian yang dilakukan oleh 0?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar